Visit Indonesia !!

welcome to the great place to visit : Indonesia :)

Jawa Tengah (Central Java)

Jawa Tengah

Jawa Tengah

Keterangan

Jawa Tengah

Sejarah telah meninggalkan jejaknya di Jawa Tengah, sebuah wilayah yang kaya akan kebudayaan dan tradisi yang merupakan warisan agama Hindu dan Budha yang berkuasa pada masa lalu serta pengaruh Islam yang terakhir. Dengan sejarah yang penuh warna, Jawa Tengah kini telah menjadi kota indah yang nyaman dan modern, namun masih mempertahankan ketenangan dan kedamaiannya.

Sejarah

Di bawah kekuasaan Syailendra dan Raja-Raja Mataram Kuno abad ke-8 dan ke-10, kebudayaan Jawa mulai berkembang dan candi Borobudur dibangun pada masa ini. Pada abad ke-10, Kerajaan Majapahit yang berada di Jawa Timur mulai mendominasi bahkan menguasai seluruh Nusantara. Setelah runtuhnya Majapahit pada abad ke-15, Demak dan kerajaan Islam lainnya mulai mengambil perannya dalam sejarah.

Kerajaan Mataram Islam muncul pada abad ke-16. Namun kemudian Belanda datang ke wilayah ini dan berhasil menjajahnya. Bahkan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, Belanda masih berusaha mengambil alih namun berakhir dengan sia-sia.

Jawa Tengah menjadi sebuah provinsi di Indonesia pada tanggal 4 Juli 1950.

Transportasi

Jawa Tengah memiliki jalan yang bagus dan jalur kereta apinya dapat menghubungkan kota-kota dan desa-desa. Dua bandara masing-masing di Semarang dan Solo, pelabuhan laut utama berada di Tanjung Emas di sebelah Utara Semarang serta pelabuhan Cilacap menyediakan akses nasional dan internasional. Ada juga travel door to door dari dan keseluruh bagian Jawa dan Sumatra.

Masyarakat dan Budaya

Dikenal juga sebagai pusat kebudayaan Jawa, sebagian besar penduduk Jawa Tengah adalah orang Jawa. Solo dan Jogjakarta masih merupakan pusat dua kerajaan Jawa yang masih dihormati sampai saat ini. Tidak diragukan lagi bahwa orang Jawa masih memegang teguh tradisinya.

Warga keturunan Cina, Arab-Indonesia, dan Sunda juga berdomisili di provinsi ini.

Kuliner

Setiap kota di Indonesia memiliki keistimewaan kuliner khasnya masing-masing. Bila Anda berjalan-jalan pastikan untuk mengunjungi restoran terdekat dan jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan makanan khas Jawa Tengah yang unik!

Di Semarang misalnya, cicipilah lumpia atau loenpia, makanan yang akan terasa lezat jika dinikmati panas-panas dengan berbagai macam saus. seperti saus kacang atau cabai rawit dengan acar yang menyegarkan. Bandeng presto juga merupakan oleh-oleh yang wajib Anda bawa dari kota ini.

Kantor Pariwisata

Jl. Madukoro Blok BB/1D Semarang 50144 
Telp.(024) 7608570-2, 7613180, 7613181 
Fax. (024) 7608573 

Website : http://www.central-java-tourism.com